PENDIDIKAN INKLUSIF: Kamus Lintang Empat Lawang

Kamus Lintang Empat Lawang



Bangsa yang besar adalah bangsa yang  bangga akan kebudayaan sendiri. Indonesia yang terdiri  dari ribuan pulau, bermacam macam suku, beragam kebudayaan, dan beribu ribu bahasa daerah adalah asset nasional yang merupakan suatu kebanggaan bagi warga Negara republic ini, termasuk di Kabupaten Empat Lawang, bumi Saling Kerawati Sangi Keruani ini.
                 Dari Lawang satu sampai ke Lawang empat terdapat Budaya dan Bahasa yang unik dan beragam, yang seharusnya menjadi suatu kebanggaan. Namun sayang, jangankan gerasi mendatang, generasi sekarangpun banyak yang sudah lupa dan tidak bisa lagi akan Kata-kata asli Empat Lawang. malahan anehnya ada yang seolah-olah malu dan tidak mau menggunakan bahasanya sendiri dalam kehidupan sehari hari.
Untung masih ada generasi muda sekarang perantau dari Lintang Empat Lawang yang berada diluar daerah, yang prihatin dan tertarik serta berminat untuk mengkaji dan mengingat kembali warisan leluhur Lintang ini, sehingga meminta kepada penulis untuk menginventarisasi serta minta dituangkan dalam bentuk diktat.  Inilah salah satu alasan mengapa diktat sederhana ini dibuat.
    Disamping itu alangkah baiknya  Bahasa Daerah Lintang Empat Lawang ini dijadikan sebagai mata ajar pada bidang study Muatan Lokal pada waktu mendatang, dengan harapan agar penerus generasi kita masih bisa dan tidak lupa akan  bahasa ibunya sendiri.                       
,       Disamping perbendaharaan kata kata Empat Lawang yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, penulisan tambah dengan beberapa pribahasa, Istilah, dengan salah satu tujuan untuk memudahkan pemakaian kembali kata-kata setelah penambahan awalan 

Silakan download Disini : Kamus Lintang Empat Lawang 

3 komentar:

  1. smg ap yg d usahakan barokah..... :)
    saya izin download

    BalasHapus
  2. ao nian ang, bnyak genersi kito mak ini lebe mile ngunokan baso laen, aku be msi ado kato2 asli yang aseng di kupeng
    numpang nyedot ne,,,,,:)

    BalasHapus
  3. maju terus pak sultan suatu karya yang memotivasi para generasi penerus untuk lebih berkreasi lagi dalam hal positif

    BalasHapus