PENDIDIKAN INKLUSIF: INSTUMER PANDUAN WAWANCARA

Kamis, 02 Januari 2014

INSTUMER PANDUAN WAWANCARA



PANDUAN WAWANCARA BUDAYA INKLUSI
Hari/tanggal                  : ........................................................
Sekolah Dasar             : .......................................................
1.        Responden  kepala sekolah:
Apakah budaya keterbukaan sekolah terhadap masyarakat setempat sudah berjalan? Bila sudah sejauh mana?
Jawaban : ………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….


2.        Responden Kepala sekolah:
Apakah di sekolah ini menerima siswa  tanpa memperdulikan perbedaan?
Jawaban : ………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………….

3.         Responden orang tua ABK:
Apakah ketika bapak mendaftarkan anaknya di sekolah ini mengalami kendala?
Jawaban : ………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………….

4.        Responden guru kelas:
Bagaimana keterlibatan guru pendidikan khusus dalam peninjauan kurikulum?
Jawaban : ………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………….

5.        Responden guru dan wali murid:
Bagaimana orang tua/wali murid dan guru saling berkomunikasi?
Jawaban guru    : ………………………………………………………………
………………………………………………………………………………….
Jawaban wali murid    : ……………..…………………………………………
………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….

6.        Responden guru kelas?
Bagaimana cara penilaian hasil belajar untuk anak ABK?
Jawaban : ………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….

7.        Responden guru:
Apakah sering terdengar labeling terhadap anak tertentu?
Jawaban : ………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….

8.        Responden guru:
Apakah masih terjadi perkelahian antara siswa dengan siswa di sekolah ini?
Jawaban : ………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………….

9.        Responden guru kelas:
Apakah ibu/bapak memahami potensi siswa ketika mengajar di kelas?
Jawaban : ………………………………………………………………………



PANDUAN WAWANCARA KEBIJAKAN INKLUSI
Hari/tanggal                  : ........................................................
Tempat                        : ........................................................

1.      Responden dengan siswa:
Apakah pernah terjadi kelas kosong tidak ada yang mengajar disaat jam pelajaran berlangsung?
Jawaban : …………………………………………………………………
…………………………………………………………………………….

2.      Responden dengan kepala sekolah, wali murid dan masyarakat setempat:
Apakah sekolah pernah mengadakan penjaringan untuk ABK disekitar sekolah ini?
Jawaban Kepala Sekolah : ……….…………………………………………
………………………………………………………………………………
Jawaban Wali Murid          : ……….…………………………………………
………………………………………………………………………………
Jawaban Masyarakat       : ……….…………………………………………
………………………………………………………………………………

3.      Responden dengan guru dan wali murid ABK:
Apakah sekolah setelah menerapkan pendidikan inklusif pernah menolak siswa yang mau masuk sekolah ini?
Jawaban Guru                  : ……….…………………………………………
………………………………………………………………………………
Jawaban Wali Murid ABK            : ……….…………………………………
………………………………………………………………………………

4.      Responden dengan Kepala sekolah:
Apakah guru pernah diikutkan pelatihan dalam menyusun, menangani  aktifitas pembelajaran kolaboratif?
Jawaban : …………………………………………………………………
…………………………………………………………………………….

5.      Responden dengan guru:
Menurut bapak/ibu bagaimana keberadaan guru pendamping khusus?
Jawaban : …………………………………………………………………
…………………………………………………………………………….

6.      Responden dengan kepada kepala sekolah:
Apakah di sekolah ini ada pelajaran kekhususan bagi ABK?
Jawaban : …………………………………………………………………
…………………………………………………………………………….




PANDUAN WAWANCARA PRAKTIK INKLUSI
Hari/tanggal                  : ........................................................
Sekolah Dasar             : ........................................................

1.      Responden dengan guru:
Berdasarkan pengalaman ibu/bapak pernahkah mendengar perkataan perkataan yang diskriminatif guru terhadap siswanya?
Jawaban : …………………………………………………………………
…………………………………………………………………………….

2.      Responden dengan kepala sekolah dan guru:
Apakah guru di beri kebebasan dalam menentukan metode mengajarnya di kelas?
Jawaban Kepala Sekolah : ……..…………………………………………
…………………………………………………………………………….
Jawaban Guru                  : ……..…………………………………………
…………………………………………………………………………….
                       
3.      Responden dengan guru dan siswa:
Apakah guru memberikan kebebasan dalam hal mencatat dengan cara apapun? Apakah siswa diberi kebebasan dalam hal mencatat materi pelajaran?
Jawaban Guru                 : ……..…………………………………………
…………………………………………………………………………….
Jawaban Siswa                : ……..…………………………………………
…………………………………………………………………………….

4.      Responden dengan kepala sekolah
Bagaimana kerjasama sekolah dengan otoritas kesehatan setempat?
Jawaban : …………………………………………………………………
…………………………………………………………………………….

5.      Responden dengan siswa:
Apakah di kelas sudah dibentuk kelompok belajar?
Seperti apa guru memberi tugas secara berkelompok?
Jawaban : …………………………………………………………………
…………………………………………………………………………….

6.      Responden dengan siswa:
Apakah kamu diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan bila mengalami kesulitan?
Jawaban : …………………………………………………………………
…………………………………………………………………………….

7.      Responden dengan guru:
Apakah anak-anak dilibatkan dalam menata kelas?
Jawaban : …………………………………………………………………
…………………………………………………………………………….

8.      Responden dengan siswa:
Apakah kamu diberi kesempatan untuk mengikuti kegiatan extra kurikuler?
Jawaban : …………………………………………………………………
…………………………………………………………………………….

9.      Responden dengan guru pendamping khusus:
Apakah ibu/bapak pernah bekerjasama dengan guru kelas dalam mengajar atau memberi evaluasi?
Jawaban : …………………………………………………………………
…………………………………………………………………………….

10.   Responden dengan guru:
Apakah ibu/bapak mendiskusikan dengan guru yang lain apabila mengalami kesulitan dalam pengajaran ABK?
Jawaban : …………………………………………………………………
…………………………………………………………………………….

11.  Responden dengan kepala sekolah:
Apakah sekolah mengadakan kerjasama dengan sekolah lainnya dalam meningkatkan pendidikan inklusif?
Jawaban : …………………………………………………………………
……………………………………………………………

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar