Hari/tanggal :
........................................................
Sekolah
Dasar :
.......................................................
1.
Responden kepala sekolah:
Apakah budaya keterbukaan
sekolah
terhadap masyarakat
setempat sudah berjalan? Bila sudah sejauh mana?
Jawaban : ………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….
2.
Responden Kepala sekolah:
Apakah di sekolah ini
menerima siswa tanpa memperdulikan
perbedaan?
Jawaban : ………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………….
3.
Responden orang
tua ABK:
Apakah ketika bapak
mendaftarkan anaknya di sekolah ini mengalami kendala?
Jawaban : ………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………….
4.
Responden guru kelas:
Bagaimana keterlibatan guru pendidikan
khusus dalam peninjauan kurikulum?
Jawaban : ………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………….
5.
Responden guru dan wali murid:
Bagaimana orang tua/wali murid dan guru
saling berkomunikasi?
Jawaban guru :
………………………………………………………………
………………………………………………………………………………….
Jawaban wali murid :
……………..…………………………………………
………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….
6.
Responden guru kelas?
Bagaimana cara penilaian hasil belajar
untuk anak ABK?
Jawaban : ………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….
7.
Responden guru:
Apakah sering terdengar labeling
terhadap anak tertentu?
Jawaban : ………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….
8.
Responden guru:
Apakah masih terjadi perkelahian antara
siswa dengan siswa di sekolah ini?
Jawaban : ………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………….
9.
Responden guru kelas:
Apakah ibu/bapak memahami potensi siswa
ketika mengajar di kelas?
Jawaban
: ………………………………………………………………………
PANDUAN
WAWANCARA KEBIJAKAN INKLUSI
Hari/tanggal :
........................................................
Tempat :
........................................................
1. Responden
dengan siswa:
Apakah
pernah terjadi kelas kosong tidak ada yang mengajar disaat jam pelajaran
berlangsung?
Jawaban : …………………………………………………………………
…………………………………………………………………………….
2.
Responden dengan kepala sekolah, wali
murid dan masyarakat setempat:
Apakah
sekolah pernah mengadakan penjaringan untuk ABK disekitar sekolah ini?
Jawaban Kepala Sekolah : ……….…………………………………………
………………………………………………………………………………
Jawaban Wali Murid : ……….…………………………………………
………………………………………………………………………………
Jawaban Masyarakat : ……….…………………………………………
………………………………………………………………………………
3.
Responden dengan guru dan wali murid
ABK:
Apakah
sekolah setelah menerapkan pendidikan inklusif pernah menolak siswa yang mau masuk
sekolah ini?
Jawaban Guru : ……….…………………………………………
………………………………………………………………………………
Jawaban Wali Murid ABK : ……….…………………………………
………………………………………………………………………………
4.
Responden dengan Kepala sekolah:
Apakah
guru pernah diikutkan pelatihan dalam menyusun, menangani aktifitas pembelajaran kolaboratif?
Jawaban : …………………………………………………………………
…………………………………………………………………………….
5.
Responden dengan guru:
Menurut
bapak/ibu bagaimana keberadaan guru pendamping khusus?
Jawaban : …………………………………………………………………
…………………………………………………………………………….
6.
Responden dengan kepada kepala sekolah:
Apakah
di sekolah ini ada pelajaran kekhususan bagi ABK?
Jawaban : …………………………………………………………………
…………………………………………………………………………….
PANDUAN
WAWANCARA PRAKTIK INKLUSI
Hari/tanggal :
........................................................
Sekolah
Dasar :
........................................................
1.
Responden dengan guru:
Berdasarkan
pengalaman ibu/bapak pernahkah mendengar perkataan perkataan yang diskriminatif
guru terhadap siswanya?
Jawaban : …………………………………………………………………
…………………………………………………………………………….
2.
Responden dengan kepala sekolah dan
guru:
Apakah
guru di beri kebebasan dalam menentukan metode mengajarnya di kelas?
Jawaban Kepala Sekolah : ……..…………………………………………
…………………………………………………………………………….
Jawaban Guru : ……..…………………………………………
…………………………………………………………………………….
3.
Responden dengan guru dan siswa:
Apakah
guru memberikan kebebasan dalam hal mencatat dengan cara apapun? Apakah siswa
diberi kebebasan dalam hal mencatat materi pelajaran?
Jawaban Guru : ……..…………………………………………
…………………………………………………………………………….
Jawaban Siswa : ……..…………………………………………
…………………………………………………………………………….
4.
Responden dengan kepala sekolah
Bagaimana
kerjasama sekolah dengan otoritas kesehatan setempat?
Jawaban : …………………………………………………………………
…………………………………………………………………………….
5.
Responden dengan siswa:
Apakah
di kelas sudah dibentuk kelompok belajar?
Seperti
apa guru memberi tugas secara berkelompok?
Jawaban : …………………………………………………………………
…………………………………………………………………………….
6.
Responden dengan siswa:
Apakah
kamu diberi kesempatan untuk mengajukan
pertanyaan
bila mengalami kesulitan?
Jawaban : …………………………………………………………………
…………………………………………………………………………….
7.
Responden dengan guru:
Apakah
anak-anak dilibatkan dalam menata
kelas?
Jawaban : …………………………………………………………………
…………………………………………………………………………….
8.
Responden dengan siswa:
Apakah
kamu diberi kesempatan untuk mengikuti kegiatan extra kurikuler?
Jawaban : …………………………………………………………………
…………………………………………………………………………….
9.
Responden dengan guru pendamping khusus:
Apakah
ibu/bapak
pernah bekerjasama dengan guru kelas dalam mengajar atau memberi evaluasi?
Jawaban : …………………………………………………………………
…………………………………………………………………………….
10. Responden
dengan guru:
Apakah
ibu/bapak
mendiskusikan dengan guru yang lain apabila mengalami kesulitan dalam
pengajaran ABK?
Jawaban : …………………………………………………………………
…………………………………………………………………………….
11.
Responden dengan kepala sekolah:
Apakah
sekolah mengadakan kerjasama dengan sekolah lainnya dalam meningkatkan
pendidikan inklusif?
Jawaban : …………………………………………………………………
……………………………………………………………
Tidak ada komentar:
Posting Komentar