PENDIDIKAN INKLUSIF: PR0GRAM PENDIDIKAN INKLUSIF

Minggu, 05 Januari 2014

PR0GRAM PENDIDIKAN INKLUSIF



RENCANA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN INKLUSIF
DI KABUPATEN EMPAT LAWANG TH 2013-2013


BAB  I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG


Bahwa dalam upaya penuntasan wajib belajar pendidikan dasar sembilan tahun di Indonesia salah satu strategi yng dipilih antara lain yang sanga tepat dengan menginplementasikan pendidikn inklusif, yaitu suatu sistim pendidikan yang terbuka bagi semua anak serta mengkomodasikan semua kebutuhan sesuai dengn kondidsi msing msing individu. Pendidikan inklusif memberikan layanan terhadap semua anak tanpa memandang kondisi fisik, mental, intelektual, sosial, emosi, ekonomi, suku, budaya, tempat tinggal dan sebagainya.
Dalam upaya menginplementsikan pendidikan inklusif diperlukah langkah langkah untuk mempersiapkan guru dengan merobah pola pikir serta imej guru dan tenaga kependidikan lainnya dari ekslusi menjadi inklusi di masa depan yang berperan sebagai pusat sumber untuk terealisasinya pendidikan inklusif khususnya di dunia pendidikan umumnya masyarakat di kabupaten Empat Lawang.

B.     DASAR

1.    Pasal 20, pasal 21, pasal 28 c ayat ( 1 ), pasal 32 Undang undang Dasar Republik Indonesia.
2.    Undang undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional, setiap Warga Negara mempunyai hak sama untuk mendapat pendidikan yang bermutu. ( psl 5 ayat 1 ) “warga negara yang memiliki kelainan fisik dan emosional, mental, soaial dan atau memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa.
3.    Fakta fenomena
a.       Program Wajar 9 tahun saat ini belum  dituntaskan karena sebagian Anak Berkelainan dan Anak Berkebutuhan Khusususia 7-12 tahun belum dapat tertampung di sekolah  yang ada, malahan terdiskriminasi.
b.      Kesadaran masyarakat,orang tua tentang  pentingnya pendidikan bagi AB & ABK
c.       Pola pikir guru dan tenaga kependidikan lainnya pada umumnya  masih ekslusi
4.    Harapan pada tahun 2013-2014 di Kabupaten Empat Lawang bagi AB & BK tertampung di sekolah sekolah reguler (sekolah umum)

C.    VISI dan MISI
VISI         :  Pendidikan Yang berkualitas, tuntas dan menjangkau pada seluruh masyarakat
MISI        :           1. Merobah sikap pandang guru dan tenaga kependidikan lainnya tentang
                                 Pendidikan Inklusif
                             2. Memprogramkan pendidikan bagi Anak Berkebutuhan dan Anak     
                                        berkelainan  di sekolah reguler
                                    3. Meningkat kualitas aparat pendidikan sesuai dengan potensi dan 
                                        kompetensinya.
                                    4. Menciptakan suasana sekolah yang  ramah pada semua anak dan
    bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa.
                                          5. Meningkatkan mutu pendidikan dasar yang ditandai dengan adanya          
                                               perubahan sikap dan prilaku yang lebih postif bagi anak
                              6.  Mengembangkan pemahaman dan pengetahuan bagi Kepala Sekolah
                                               dan Guru dalam proses pembelajaran dengan Pendidikan Inklusif
                                               untuk pencapaian tujuan, serta menghilangkan hambatan hambatan  
                                               dalam proses pembelajaran, perkembangan dan partsipasi anak,
                                               termasuk yang mempunnyai kelainan.
                                          7. Adanya paradigma baru dalam upaya peningkatan mutu pendidikan.,
                               MENGAJAR” menjadi  PEMBELAJARAN”

D.    TUJUAN

a.       Meningkatkan mutu pelayanan pembelajaran kepada semua peserta didik baik yang berkelainan/kebutuhan khusus maupun anak normal sesuai sistem pendidikan inklusif
b.      Memberikan kesempatan belajar yang seluas-luasnya kepada anak yang     berkebutuhan khusus
c.       Memotivasi orang tua,masyarakat dalam memberdayakan putra-putrinya guna  mengembangkan potensi yang dimiliki sehingga mempunyai keterampilan hidup.
d.      Berobahnya sikap pandang guru/tenaga kependidikan tentang Pendidikan Inklusif
( ini dilaksanakan dari akar rumput )


E.     RUANG LINGKUP.

Seluruh Pendidik dan jajaran tenaga kependidikan serta instansi terkait Kabupaten Empat  
Lawang

      

























                 
BAB  II
PERENCANAAN

1.      TARGET

Program ini ditargetkan dapat terealisasinya system Pendidikan Inklusi di Kabupaten Empat  Lawang  setiap SD dan minimal satu SMP di setiap kecamatan.

2.      KEGIATAN
3.       
  Uji Coba pendidikan Inklusi dengan rincian sbb:
      
1.      Penjaringan SD Piloting tambahan di kecamatan kecamatan
2.      Proram Sosialisasi Pendidikan Inklusif
3.      Pembentukan Forum SD Uji Coba
4.      Pembentukan / pelaksanaan KKKG SD Piloting
5.      Program identifikasi / pendataan / penjaringan  Asesment / penilaian
     pada SD Piloting
6.      Melanjutkan pembinaan terhadap guru dan tenaga kependidikan pada SD Piloting yang
     lama
7.      Melatih guru guru SD Piloting dalam penggunaan media, Asesmen dan program 
8.      pembelajajaran
      9.  Melatih Guru Pembimbing khusus (GPK)  dengan mendatangkan nara sumber dari    
            SLB
     10.Pengadaan /penambahan Sarana, media meliputi buku panduan guru, buku ajar bagi  
           siswa dan alat belajar.
     11.Sosialisasi dengan penyisipan setiap ada pertemuan KKKG & KKKS umum


No

Jenis Kegiatan

Target Sasaran

Jadwal pelaksanaan

Biaya

Keterangan
1.
Sosialisasi Pendidikan Inklusif
Kepala Sekolah,  Komite Sekolah, Stakeholder
Tergantung adanya biaya


APBD /sumber lainnya
Sampai sekarang belum adanya tanggapan positif
Dari Dinas Pendd.
2.
Pembentukan  Forum/KKKG/
SD Piloting
Kepala sekolah,guru guru SD Piloting
Minggu ke 2
April 2013
Donatur dari SD Piloting
KKKK dilaksanakan 1 x/bulan
3.
Membina /membimbing
 guru SD Pilot
Kepala sekolah,guru guru SD Piloting
April – Juni 2013
Donatur dari SD Piloting

4.
Program Indentfikasi,Asesmen
Anak di lingkungan SD Piloting
Awal tahun ajaran
SD Piloting
Di laksanakan oleh guru guru dgn bimbingan Master Trainer
5.
Bimbingan pengguna
an media,perangkat pembelajaran
Guru guru SD Piloting
Juli – Desember 2013
SD Piloting




BAB  III
PENUTUP

KESIMPULAN

Dengan terlaksananya program pendidikan Inklusif, semua anak yang beragam dapat tersentuh akan pendidikan yang bermutu yang disertai pelaksanaan rencana pengembangan Sekolah Ramah Anak dan Evaluasi Ramah Anak akan berjalan baik dan lancar jika didukung oleh semua pihak yang terkait.


Empat Lawang, 3 April  2013
a/n,Master Trainer Pend.Inklusif
Kabupaten Empat Lawang.




SULTAN BUSTARI, S.Pd.I
NIP.19540908198202 1 oo2

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar