PENDIDIKAN INKLUSIF: FORMAT INSTRUMEN SUPERVISI AKADEMIK

Sabtu, 04 Januari 2014

FORMAT INSTRUMEN SUPERVISI AKADEMIK



FORMAT A
PANDUAN WAWANCARA PRA OBSERVASI
1. Hari / Tanggal        : ……………………………………………………
2. Nama Sekolah       : …………………………………………………..
3. Nama Guru                        : ……………………………………………………
4. Mata Pelajaran      : .......................................................................


5. Kelas/ semester    : ......................................................................
6. Lama Wawancara  : ............ menit.


        Guru yang disupervisi,                                              Supervisor




       …………………………….                                         ……………………………
       NIP                                                                             NIP.







FORMAT C
PANDUAN WAWANCARA PASCA OBSERVASI
1. Hari / Tanggal        : ……………………………………………………
2. Nama Sekolah       : …………………………………………………..
3. Nama Guru                        : ……………………………………………………
4. Mata Pelajaran      : .......................................................................
5. Kelas/ semester    : ......................................................................
6. Lama Wawancara  : .............. menit

No
Pertanyaan
Jawaban
1.
Bagaimana pendapat saudara setelah menyajikan pelajaran ini?

2.
Apakah proses pembelajaran sudah sesuai dengan yang direncanakan?

3.
Dapatkah saudara menceritakan hal-hal yang dirasakan memuaskan dalam proses pembelajaran tadi?

4.
Bagaimana perkiraan saudara mengenai ketercapaian tujuan pembelajaran?

5.
Apa yang menjadi kesulitan siswa?


6.
Apa yang menjadi kesulitasn saudara?


7.
Adakah alternatif lain untuk mengatasi kesulitan saudara?

8.
Marilah bersama-sama kita identifikasi hal-hal yang telah mantap dan hal-hal yang peerlu peningkatan, berdasarkan kegiatan yang baru saja saudara lakukan dan pengamatan saya.

9.
Dengan demikian, apa yang akan saudara lakukan untuk pertemuan berikutnya?



Kesan umum:


Saran:




              ……………........., ………
 Guru yang disupervisi,                                               Supervisor




  …………………………….                                         …………………………………….
  NIP                                                                           NIP.


FORMAT B
LEMBAR OBSERVASI PEMBELAJARAN

1.    Nama sekolah                            : ........………………………………………
2.    Nama guru                                  : ........……….……………………………..
3.    Mata pelajaran                           : ........………………………………….......
4.    Kelas / semester                        : ........…………….………………………..
5.    Hari/ tanggal/ jam ke                  : ........………………….………………...
6.    Kompetensi Dasar/ Indikator    : ........……………………………………...
                                                              ..............................................................
7.    Jumlah siswa : ………orang, hadir: ………orang,  tidak hadir: ……. orang














 














 















































Catatan : .....................................................................................................
                .....................................................................................................
                ......................................................................................................
                .....................................................................................................
                 ....................................................................................................
                .....................................................................................................

Hasil Penilaian :  x 100

Katagori Penilaian

90 s/d 100      = Sangat Baik Sekali
80 s/d 89   = Baik Sekali
60 s/d 79   = Baik
50 s/d 69   = Cukup
40 s/d 49   = Kurang
< 40          = Kurang Sekali






Guru,                                                                           Supervisor





.........................................                                                ...................................
 NIP .................................                                                NIP .................................                     



















Lampiran 2.
FORMAT SUPERVISI PENILAIAN PROSES BELAJAR MENGAJAR

Nama Sekolah                 : ...................................................................
Nama Guru                      : ................................................. .........................
Mengajar Kelas               : ...................................................       ......................
Mata Pelajaran                : ......................................................................
Hari/Tanggal supervisi    : ......................................................................
Jam Ke                             : .......................................................................
ASPEK YANG DINIALAI DAN CARA PENILAIAN
BOBOT
NILAI
KETERANGAN


S111
S2

A. Perangkat Pembelajaran






a. Memiliki Kalender Pendidikan
2


20




b. Menyusun Program Tahunan
4




c. Menyusun Program Semester
4




d. Membuat Silabus
4




e. Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
6






Jumlah=




B. KELENGKAPAN SEKENARIO PEMBELAJARAN






a. Identitas Lengkap
2




10




b. Tercantum/ Memuat SK, KD,Indikator dan   Materi       Pokok
2








c. Berisi Pengalaman Bekerja/ Langkah Mengajar,
2





    Sumber/bahan/ Media Belajar





d. Ada Penilaian yang Terdiri Dari Jenis Tagihan,
2





   Bentuk, instrumen, dan Contoh Instrumen





e. Ada Kunci Jawaban dan Uraian Tugas Berikutnya.
2



Jumlah=




C. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR






a. Kegiatan Guru Memberikan Motivasi Kepada
2




10




   Siswa Tercantum/ Diuraikan pada sekenario/ RPP




b. Motifasi Berupa Contoh atau Pertanyaan Untuk i
2




    Menggali Informasi Sesuai Dengan Kopetens




c. Dalam Motifasi Dikemukakan Kopetensi Yang
2




    Akan Dicapai Dalam Kegiatan Pembelajaran




d. Dalam Memotifasi Ditemukan Life Skill yang Perlu
4




    Dimiliki dan Manfaatnya Dalam Kehidupan.






Jumlah=




II.Kegiatan Inti






A. Dalam Bentuk Klasikal






a. Guru Memasuki Kegiatan Ini Berkesinambungan
2




20




    Dengan Motifasi yang Telah Disampaikan




b. Kegiatan Inti Berpusat Pada Guru
2




c. Kegiatan Inti Melibatkan Siswa Untuk Menemukan
5




  Konsep Membangun/ Mengkkonsruksi Pengetahuan




d. Kegiatan Inti Sesuai Dengan SK, KD, Indikator
5




    yang ingin dicapai dan Materi Pelajaran




e. Guru Memberikan Tugas Lantujutan Kepada Siswa
6




        Sesuaai Dengan SK, KD dan Indikator






Jumlah=




B. Dalam Bentuk Diskusi / Kerja Kelompok






a. Guru Mengatur Pembagian Kelompok
2





b. Kegiatan Diskusi/kerja kelompok Mendapat
2




Respon Positif Dari Siswa




c. Anggota Tiap Kelompok Berpartisipasi Aktif Dalam
5

20




    Diskusi / Kerja Kelompok




d. Kegiatan Diskusi/kerja kelompok Dilanjutkan
5




    Dengan Diskusi Kelas




e. Guru Mengunakan Lembar Penilaian Diskusi/Kerja
6




        Kelompok

Jumlah=




III. Sumber / Bahan / Media






a. Sumber/Bahan/Media yang Digunakan Sesuai
2




10




    Dengan SK, KD, dan Indikator





b. Bahan/Media yang Disediakan Sesuai Dengan
2




    Kebutuhan Materi Pokok Pembelajaran





c. Menggunakan bahan yang Otentik Dan yang ada
2




        di Sekeliling Siswa





    d. Bahan Yang Digunakan Mendorong Siswa Dan

4




    Melakukan Pengamatan/Bertanya/Mengumpulkan






    Data Menarik Kesimpulan








Jumlah=




IV. Penilaian






a. Penilaian Dilakukan Sesuai Dengan Jenis Tagihan
2


10





b. Penilaian Relevan Dengan Kopetensi Dan Indikatornya
2








c. Penilaian Hanya Mengarah Pada Ranah Kognitif
2





d.  Penilaian Mengarah Juga Pada RanahAfektif dan Psikomotor
4



Jumlah=












V. Penutup






A. Dalam Bentuk Klasikal :






a. Kegiatan Pembelajaran Sesuai Dengan Waktu Yang direncanakan
2


10









b. Inti/ Kesimpulan KBM Disimpulkan Oleh Guru
2





c.  Inti / Kesimpulan KBM Disimpulkan Oleh Siswa
2





d . KBM Dilakukan Dengan Menggunakan Prinsip PAKEM
4



Jumlah=




B. Dalam Bentuk Diskusi / Kerja Kelompok






a.  Setiap Kelompok Menyampaikan Hasil Diskusi /
2
10




     Kerja Kelompok Di Depan Kelas






b.  Hasil Diskusi Kelompok Mendapat Respon Positif/
2





    Negatif Dari Kelompok Lain






c. Kesimpulan Hasil Diskusi / Kerja Kelompok
2





    Dilakukan Oleh Guru






d. Kesimpulan Hasil Diskusi/ Kerja Kelompok
4





     dilakukan Oleh Siswa Dengan Bimbingan Guru






   

Jumlah=





Keterangan:
S1 = semester 1
S2 = semester 2
                                       

Hasil Penilaian = .......................... x 100 = ...............                                  

Jumlah Nilai Ideal = 90                                                                   

Pada II dan V bentuk klasikal atau diskusi / kerja kelompok,                    
Gunakan hanya salah satu saja, kalau klasikal tidak menggunakan                      
Penilaian diskusi/ kerja kelompok, begitupun sebaliknya

Katagori Penilaian

90 s/d 100      = Sangat Baik Sekali
80 s/d 89   = Baik Sekali
60 s/d 79   = Baik
50 s/d 69   = Cukup
40 s/d 49   = Kurang
< 40          = Kurang Sekali


Komentar / Saran .................................................................................................................................               .................................................................................................................................

                                                                                                .........., ......................
Mengetahui
Kepala Sekolah                     Guru,                                      Pengawas Sekolah


........................................            .......................................           .......................................                        NIP..................................           NIP .................................          NIP .................................                     
Catatan :
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................


LAPORAN HASIL SUPERVISI SEKOLAH BINAAN PENGAWAS

Kabupaten/ Kota          : …………………..
Bulan/ Semester            : ………………….
Tahun Pembelajaran     :………………….
Satua Pendidikan          : ............................
Nama Pengawas           : ..............................


Aspek dan Sasaran Supervisi
Nilai Rata-rata Kinerja


Akademik/Manajerial
Sasaran
Jumlah Sasaran
BS
B
C
K
KS
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12






























           
Mengetahui                                                                                                                                                                                                       ....................................., ....2010
Koordinator Pengawas                                                                                                                                                                           Pengawas Sekolah Pembina


...................................                                                                                                                                                                                        ........................................
NIP...........................                                                                                                                                                                                             NIP..................









Lembar Observasi Silabus
Berilah tanda (V) atau nilai pada kolom yang sesuai dengan penilaian anda dan catatlah hal-hal yang penting yang berhubungan dengan aspek yang diamati pada kolom keterangan.
1.   Tidak ada (0-25)
2.   Kurang baik (26-50)
3.   Cukup (51-75)
4.   Baik (76-100)
5.   Sangat baik (101-125)

No
Aspek yang diamati
1
2
3
4
5
Keterangan
1.
Identitas mata pelajaran atau tema pelajaran






2.
Standar kompetensi






3.
Kompetensi dasar






4.
Materi pembelajaran






5.
Kegiatan pembelajaran






6.

Indikator pencapaian kompetensi






7.
Penilaian






8.
Alokasi waktu






9.
Sumber belajar








Rata-rata







……………........., …………………
Pengawas
       




……………………………………….
NIP.










Lembar Observasi RPP
Berilah tanda (V) atau nilai pada kolom yang sesuai dengan penilaian anda dan catatlah hal-hal yang penting yang berhubungan dengan aspek yang diamati pada kolom keterangan.
6.   Tidak ada (0-25)
7.   Kurang baik (26-50)
8.   Cukup (51-75)
9.   Baik (76-100)
10.Sangat baik (101-125)

No
Aspek yang diamati
1
2
3
4
5
Keterangan
1.
Identitas mata pelajaran






2.
Standar kompetensi






3.
Kompetensi Dasar






4.
Indikator pencapaian kompetensi






5.
Tujuan Pembelajaran






6.

Materi Ajar






7.
Alokasi Waktu






8.
Metode Pembelajaran






9.
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
Inti
Penutup






10
Penilaian Hasil Belajar






11
Sumber Belajar







Rata-rata







……………........., …………………
Pengawas
       




……………………………………….
                                                                      NIP.




Format.
Rekapitulasi hasil supervisi
No
Nama
Nilai
Keterangan
Administrasi
Penampilan
Test
Rata-rata





















































































……………........., ………………..
Pengawas Sekolah


……………………………………
NIP.
Rentang penilaian:


91-100 = A
75-90  = B
55-74  = C
<55     = K
 
 















JADWAL SUPERVISI
Kelas                           : …………………..
Semester                      : …………………..
Tahun Pembelajaran     : ……………

No
Hari/Tanggal
Nama Guru
Mata Pelajaran
Kelas
Jam Ke
Pelaksana Supervisi
Keterangan


























































































                                                                                                                                                                             Pengawas Sekolah

                                                                                                                                                                                                                        ……………………
                                                                                                                                                                        NIP.

1 komentar: