FORMAT A
PANDUAN WAWANCARA PRA
OBSERVASI
1. Hari
/ Tanggal        : ……………………………………………………
2. Nama
Sekolah       : …………………………………………………..
3. Nama
Guru                        :
……………………………………………………
4. Mata
Pelajaran      :
.......................................................................
 5. Kelas/ semester    :
......................................................................
5. Kelas/ semester    :
...................................................................... 6. Lama Wawancara  : ............ menit.
6. Lama Wawancara  : ............ menit.
        Guru yang
disupervisi,                                              Supervisor
      
…………………………….                                         ……………………………
       NIP                                                                             NIP.
FORMAT
C
PANDUAN
WAWANCARA PASCA OBSERVASI
1. Hari
/ Tanggal        : ……………………………………………………
2. Nama
Sekolah       : …………………………………………………..
3. Nama
Guru                        :
……………………………………………………
4. Mata
Pelajaran      :
.......................................................................
5.
Kelas/ semester    :
......................................................................
6. Lama
Wawancara  : .............. menit
| 
No | 
Pertanyaan | 
Jawaban | 
| 
1. | 
Bagaimana pendapat saudara setelah menyajikan pelajaran
  ini? |  | 
| 
2. | 
Apakah
  proses pembelajaran sudah sesuai dengan yang direncanakan? |  | 
| 
3. | 
Dapatkah
  saudara menceritakan hal-hal yang dirasakan memuaskan dalam proses
  pembelajaran tadi? |  | 
| 
4. | 
Bagaimana
  perkiraan saudara mengenai ketercapaian tujuan pembelajaran? |  | 
| 
5. | 
Apa
  yang menjadi kesulitan siswa? |  | 
| 
6. | 
Apa yang menjadi kesulitasn saudara? |  | 
| 
7. | 
Adakah
  alternatif lain untuk mengatasi kesulitan saudara? |  | 
| 
8. | 
Marilah
  bersama-sama kita identifikasi hal-hal yang telah mantap dan hal-hal yang
  peerlu peningkatan, berdasarkan kegiatan yang baru saja saudara lakukan dan
  pengamatan saya. |  | 
| 
9. | 
Dengan
  demikian, apa yang akan saudara lakukan untuk pertemuan berikutnya? |  | 
|  | 
Kesan
  umum: 
Saran: |  | 
              ……………........., ………
 Guru yang disupervisi,                                               Supervisor
  …………………………….                                         …………………………………….
  NIP                                                                           NIP.
FORMAT B
LEMBAR OBSERVASI PEMBELAJARAN
1.    Nama sekolah                            :
........………………………………………
2.    Nama guru                                  :
........……….……………………………..
3.    Mata pelajaran                           :
........………………………………….......
4.    Kelas / semester                        :
........…………….………………………..
5.    Hari/ tanggal/ jam ke                  : ........………………….………………...
6.    Kompetensi Dasar/ Indikator    : ........……………………………………...
                                                              ..............................................................
7.    Jumlah siswa : ………orang, hadir: ………orang,  tidak hadir: ……. orang


 
  
 

Catatan : .....................................................................................................
               
.....................................................................................................
               
......................................................................................................
               
.....................................................................................................
                
....................................................................................................
               
.....................................................................................................
Hasil Penilaian :  x 100
 x 100
 x 100
 x 100
Katagori Penilaian
90 s/d 100      = Sangat Baik Sekali
80 s/d 89   = Baik Sekali
60 s/d 79   = Baik
50 s/d 69   = Cukup
40 s/d 49   = Kurang
< 40          = Kurang Sekali
Guru,                                                                           Supervisor
.........................................                                               
...................................
 NIP .................................                                                NIP .................................                      
Lampiran 2.
FORMAT
SUPERVISI PENILAIAN PROSES BELAJAR MENGAJAR
Nama Sekolah                 :
...................................................................
Nama Guru                      : ................................................. .........................
Mengajar Kelas               :
...................................................       ......................
Mata Pelajaran                :
......................................................................
Hari/Tanggal
supervisi    :
......................................................................
Jam Ke                             :
.......................................................................
| 
ASPEK YANG DINIALAI DAN CARA PENILAIAN | 
BOBOT | 
NILAI | 
KETERANGAN | |||
|  | 
S111 | 
S2 | ||||
| 
A. Perangkat Pembelajaran |  |  |  |  |  | |
| 
a. Memiliki Kalender Pendidikan | 
2 | 
20 |  |  |  | |
| 
b. Menyusun Program Tahunan | 
4 |  |  |  | ||
| 
c. Menyusun Program Semester | 
4 |  |  |  | ||
| 
d. Membuat Silabus | 
4 |  |  |  | ||
| 
e. Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran | 
6 |  |  |  | ||
|  |  | 
Jumlah= |  |  |  | |
| 
B. KELENGKAPAN SEKENARIO PEMBELAJARAN |  |  |  |  |  | |
| 
a. Identitas Lengkap | 
2 | 
10 |  |  |  | |
| 
b. Tercantum/ Memuat SK, KD,Indikator dan   Materi      
  Pokok | 
2 |  |  |  | ||
|  |  |  | ||||
| 
c. Berisi Pengalaman Bekerja/ Langkah Mengajar,  | 
2 | |||||
|  |  |  | ||||
| 
    Sumber/bahan/
  Media Belajar | ||||||
|  |  |  | ||||
| 
d. Ada Penilaian yang Terdiri Dari Jenis Tagihan,  | 
2 | |||||
|  |  |  | ||||
| 
   Bentuk,
  instrumen, dan Contoh Instrumen  | ||||||
|  |  |  | ||||
| 
e. Ada Kunci Jawaban dan Uraian Tugas Berikutnya. | 
2 | |||||
|  |  | 
Jumlah= |  |  |  | |
| 
C. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR |  |  |  |  |  | |
| 
a. Kegiatan Guru Memberikan Motivasi Kepada  | 
2 | 
10 |  |  |  | |
| 
   Siswa
  Tercantum/ Diuraikan pada sekenario/ RPP |  |  |  | |||
| 
b. Motifasi Berupa Contoh atau Pertanyaan Untuk i | 
2 |  |  |  | ||
| 
    Menggali
  Informasi Sesuai Dengan Kopetens |  |  |  | |||
| 
c. Dalam Motifasi Dikemukakan Kopetensi Yang  | 
2 |  |  |  | ||
| 
    Akan Dicapai
  Dalam Kegiatan Pembelajaran |  |  |  | |||
| 
d. Dalam Memotifasi Ditemukan Life Skill yang Perlu  | 
4 |  |  |  | ||
| 
    Dimiliki dan
  Manfaatnya Dalam Kehidupan. |  |  |  | |||
|  |  | 
Jumlah= |  |  |  | |
| 
II.Kegiatan Inti |  |  |  |  |  | |
| 
A. Dalam Bentuk Klasikal |  |  |  |  |  | |
| 
a. Guru Memasuki Kegiatan Ini Berkesinambungan  | 
2 | 
20 |  |  |  | |
| 
    Dengan
  Motifasi yang Telah Disampaikan |  |  |  | |||
| 
b. Kegiatan Inti Berpusat Pada Guru | 
2 |  |  |  | ||
| 
c. Kegiatan Inti Melibatkan Siswa Untuk Menemukan  | 
5 |  |  |  | ||
| 
  Konsep
  Membangun/ Mengkkonsruksi Pengetahuan |  |  |  | |||
| 
d. Kegiatan Inti Sesuai Dengan SK, KD, Indikator  | 
5 |  |  |  | ||
| 
    yang ingin
  dicapai dan Materi Pelajaran |  |  |  | |||
| 
e. Guru Memberikan Tugas Lantujutan Kepada Siswa  | 
6 |  |  |  | ||
| 
        Sesuaai Dengan SK, KD dan
  Indikator |  |  |  | |||
|  |  | 
Jumlah= |  |  |  | |
| 
B. Dalam Bentuk Diskusi / Kerja Kelompok |  |  |  |  |  | |
| 
a. Guru Mengatur Pembagian Kelompok | 
2 |  |  |  |  | |
| 
b. Kegiatan Diskusi/kerja kelompok Mendapat  | 
2 |  |  |  | ||
| 
Respon Positif Dari Siswa |  |  |  | |||
| 
c. Anggota Tiap Kelompok Berpartisipasi Aktif Dalam  | 
5 | 
20 |  |  |  | |
| 
    Diskusi /
  Kerja Kelompok |  |  |  | |||
| 
d. Kegiatan Diskusi/kerja kelompok Dilanjutkan  | 
5 |  |  |  | ||
| 
    Dengan
  Diskusi Kelas |  |  |  | |||
| 
e. Guru Mengunakan Lembar Penilaian Diskusi/Kerja  | 
6 |  |  |  | ||
| 
        Kelompok |  | 
Jumlah= |  |  |  | |
| 
III. Sumber / Bahan / Media |  |  |  |  |  | |
| 
a. Sumber/Bahan/Media yang Digunakan Sesuai  | 
2 | 
10 |  |  |  | |
| 
    Dengan SK,
  KD, dan Indikator |  |  |  |  | ||
| 
b. Bahan/Media yang Disediakan Sesuai Dengan  | 
2 |  |  |  | ||
| 
    Kebutuhan
  Materi Pokok Pembelajaran |  |  |  |  | ||
| 
c. Menggunakan bahan yang Otentik Dan yang ada  | 
2 |  |  |  | ||
| 
        di Sekeliling Siswa |  |  |  |  | ||
| 
    d. Bahan Yang Digunakan
  Mendorong Siswa Dan  | 
4 |  |  |  | ||
| 
    Melakukan
  Pengamatan/Bertanya/Mengumpulkan  |  |  |  |  |  | |
| 
    Data Menarik
  Kesimpulan |  |  |  |  |  | |
|  |  | 
Jumlah= |  |  |  | |
| 
IV. Penilaian  |  |  |  |  |  | |
| 
a. Penilaian Dilakukan Sesuai Dengan Jenis Tagihan | 
2 | 
10 |  |  |  | |
| 
b. Penilaian Relevan Dengan Kopetensi Dan Indikatornya | 
2 |  |  |  | ||
|  |  |  | ||||
| 
c. Penilaian Hanya Mengarah Pada Ranah Kognitif | 
2 | |||||
|  |  |  | ||||
| 
d.  Penilaian
  Mengarah Juga Pada RanahAfektif dan Psikomotor | 
4 | |||||
|  |  | 
Jumlah= |  |  |  | |
|  |  |  |  |  |  | |
| 
V. Penutup |  |  |  |  |  | |
| 
A. Dalam Bentuk Klasikal : |  |  |  |  |  | |
| 
a. Kegiatan
  Pembelajaran Sesuai Dengan Waktu Yang direncanakan | 
2 | 
10 |  |  |  | |
|  |  |  | ||||
| 
b. Inti/ Kesimpulan
  KBM Disimpulkan Oleh Guru | 
2 | |||||
|  |  |  | ||||
| 
c.  Inti / Kesimpulan KBM Disimpulkan Oleh
  Siswa | 
2 | |||||
|  |  |  | ||||
| 
d . KBM Dilakukan
  Dengan Menggunakan Prinsip PAKEM | 
4 | |||||
|  |  | 
Jumlah= |  |  |  | |
| 
B. Dalam Bentuk Diskusi / Kerja Kelompok |  |  |  |  |  | |
| 
a.  Setiap Kelompok Menyampaikan
  Hasil Diskusi / | 
2 | 
10 |  |  |  | |
| 
     Kerja Kelompok Di Depan Kelas |  |  |  |  |  | |
| 
b.  Hasil Diskusi Kelompok Mendapat
  Respon Positif/  | 
2 |  |  |  |  | |
| 
    Negatif Dari Kelompok Lain |  |  |  |  |  | |
| 
c. Kesimpulan Hasil Diskusi / Kerja Kelompok  | 
2 |  |  |  |  | |
| 
    Dilakukan Oleh Guru |  |  |  |  |  | |
| 
d. Kesimpulan Hasil Diskusi/ Kerja Kelompok  | 
4 |  |  |  |  | |
| 
     dilakukan Oleh Siswa Dengan
  Bimbingan Guru |  |  |  |  |  | |
|  |  | 
Jumlah= |  |  |  | |
Keterangan:
S1 = semester 1
S2 = semester 2

Hasil Penilaian = .......................... x 100 = ...............                                   
Jumlah Nilai Ideal = 90                                                                    
Pada II dan V bentuk
klasikal atau diskusi / kerja kelompok,                     
Gunakan hanya salah satu
saja, kalau klasikal tidak menggunakan                       
Penilaian diskusi/ kerja
kelompok, begitupun sebaliknya
Katagori Penilaian
90 s/d 100      = Sangat Baik Sekali
80 s/d 89   = Baik Sekali
60 s/d 79   = Baik
50 s/d 69   = Cukup
40 s/d 49   = Kurang
< 40          = Kurang Sekali
Komentar / Saran
.................................................................................................................................              
.................................................................................................................................
                                                                                                ..........,
......................
Mengetahui
Kepala Sekolah                     Guru,                                      Pengawas
Sekolah
........................................           
.......................................          
.......................................                       
NIP..................................           NIP .................................          NIP
.................................                      
Catatan :
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................ 
LAPORAN HASIL SUPERVISI SEKOLAH BINAAN PENGAWAS
Kabupaten/
Kota          : …………………..
Bulan/
Semester            : ………………….
Tahun
Pembelajaran     :………………….
Satua
Pendidikan          :
............................
Nama
Pengawas           :
..............................
|  |  | 
Aspek dan Sasaran Supervisi | 
Nilai
  Rata-rata Kinerja |  |  | ||||||
| 
Akademik/Manajerial | 
Sasaran | 
Jumlah Sasaran | 
BS | 
B | 
C | 
K | 
KS | ||||
| 
1 | 
2 | 
3 | 
4 | 
5 | 
6 | 
7 | 
8 | 
9 | 
10 | 
11 | 
12 | 
|  |  |  |  |  |  |  |  |  |  |  |  | 
Mengetahui                                                                                                                                                                                                       .....................................,
....2010
Koordinator
Pengawas                                                                                                                                                                           Pengawas Sekolah Pembina
...................................
                                                                                                                                                                                       ........................................
NIP...........................                                                                                                                                                                                             NIP..................
Lembar
Observasi Silabus
Berilah
tanda (V) atau nilai pada kolom yang sesuai dengan penilaian anda dan catatlah
hal-hal yang penting yang berhubungan dengan aspek yang diamati pada kolom
keterangan.
1.   Tidak
ada (0-25)
2.   Kurang
baik (26-50)
3.   Cukup
(51-75)
4.   Baik
(76-100)
5.   Sangat
baik (101-125)
| 
No | 
Aspek yang diamati | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 | 
5 | 
Keterangan | 
| 
1. | 
Identitas mata pelajaran atau tema pelajaran |  |  |  |  |  |  | 
| 
2. | 
Standar kompetensi |  |  |  |  |  |  | 
| 
3.  | 
Kompetensi dasar |  |  |  |  |  |  | 
| 
4. | 
Materi pembelajaran |  |  |  |  |  |  | 
| 
5. | 
Kegiatan pembelajaran |  |  |  |  |  |  | 
| 
6. | 
Indikator
  pencapaian kompetensi |  |  |  |  |  |  | 
| 
7. | 
Penilaian |  |  |  |  |  |  | 
| 
8. | 
Alokasi
  waktu  |  |  |  |  |  |  | 
| 
9. | 
Sumber
  belajar  |  |  |  |  |  |  | 
|  | 
Rata-rata |  |  |  |  |  |  | 
…………….........,
…………………
Pengawas
……………………………………….
NIP.
Lembar
Observasi RPP
Berilah
tanda (V) atau nilai pada kolom yang sesuai dengan penilaian anda dan catatlah
hal-hal yang penting yang berhubungan dengan aspek yang diamati pada kolom
keterangan.
6.   Tidak
ada (0-25)
7.   Kurang
baik (26-50)
8.   Cukup
(51-75)
9.   Baik
(76-100)
10.Sangat
baik (101-125)
| 
No | 
Aspek yang diamati | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 | 
5 | 
Keterangan | 
| 
1. | 
Identitas mata pelajaran  |  |  |  |  |  |  | 
| 
2. | 
Standar kompetensi |  |  |  |  |  |  | 
| 
3.  | 
Kompetensi Dasar |  |  |  |  |  |  | 
| 
4. | 
Indikator pencapaian kompetensi |  |  |  |  |  |  | 
| 
5. | 
Tujuan Pembelajaran |  |  |  |  |  |  | 
| 
6. | 
Materi Ajar |  |  |  |  |  |  | 
| 
7. | 
Alokasi Waktu |  |  |  |  |  |  | 
| 
8. | 
Metode Pembelajaran |  |  |  |  |  |  | 
| 
9. | 
Kegiatan
  Pembelajaran 
Pendahuluan 
Inti 
Penutup |  |  |  |  |  |  | 
| 
10 | 
Penilaian Hasil
  Belajar |  |  |  |  |  |  | 
| 
11 | 
Sumber Belajar |  |  |  |  |  |  | 
|  | 
Rata-rata |  |  |  |  |  |  | 
…………….........,
…………………
Pengawas
……………………………………….
                                                                      NIP.
Format.
Rekapitulasi hasil supervisi
| 
No | 
Nama | 
Nilai | 
Keterangan | |||
| 
Administrasi | 
Penampilan | 
Test | 
Rata-rata | |||
|  |  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  |  | 
…………….........,
………………..
Pengawas Sekolah
……………………………………
NIP.
Rentang penilaian:
| 
 | 
JADWAL
SUPERVISI
Kelas                           :
…………………..
Semester                      : …………………..
Tahun
Pembelajaran     : ……………
| 
No | 
Hari/Tanggal | 
Nama
  Guru | 
Mata Pelajaran | 
Kelas | 
Jam Ke | 
Pelaksana
  Supervisi | 
Keterangan | 
|  |  |  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  |  |  | 
                                                                                                                                           
                                 Pengawas Sekolah
                                                                                                                                                                                                                        ……………………
                                                                                                                                                                       
NIP.
 
terima kasih
BalasHapus