FORMAT A
PANDUAN WAWANCARA PRA
OBSERVASI
1. Hari
/ Tanggal : ……………………………………………………
2. Nama
Sekolah : …………………………………………………..
3. Nama
Guru :
……………………………………………………
4. Mata
Pelajaran :
.......................................................................
5. Kelas/ semester :
......................................................................
6. Lama Wawancara : ............ menit.
Guru yang
disupervisi, Supervisor
……………………………. ……………………………
NIP NIP.
FORMAT
C
PANDUAN
WAWANCARA PASCA OBSERVASI
1. Hari
/ Tanggal : ……………………………………………………
2. Nama
Sekolah : …………………………………………………..
3. Nama
Guru :
……………………………………………………
4. Mata
Pelajaran :
.......................................................................
5.
Kelas/ semester :
......................................................................
6. Lama
Wawancara : .............. menit
No
|
Pertanyaan
|
Jawaban
|
1.
|
Bagaimana pendapat saudara setelah menyajikan pelajaran
ini?
|
|
2.
|
Apakah
proses pembelajaran sudah sesuai dengan yang direncanakan?
|
|
3.
|
Dapatkah
saudara menceritakan hal-hal yang dirasakan memuaskan dalam proses
pembelajaran tadi?
|
|
4.
|
Bagaimana
perkiraan saudara mengenai ketercapaian tujuan pembelajaran?
|
|
5.
|
Apa
yang menjadi kesulitan siswa?
|
|
6.
|
Apa yang menjadi kesulitasn saudara?
|
|
7.
|
Adakah
alternatif lain untuk mengatasi kesulitan saudara?
|
|
8.
|
Marilah
bersama-sama kita identifikasi hal-hal yang telah mantap dan hal-hal yang
peerlu peningkatan, berdasarkan kegiatan yang baru saja saudara lakukan dan
pengamatan saya.
|
|
9.
|
Dengan
demikian, apa yang akan saudara lakukan untuk pertemuan berikutnya?
|
|
|
Kesan
umum:
Saran:
|
|
……………........., ………
Guru yang disupervisi, Supervisor
……………………………. …………………………………….
NIP NIP.
FORMAT B
LEMBAR OBSERVASI PEMBELAJARAN
1. Nama sekolah :
........………………………………………
2. Nama guru :
........……….……………………………..
3. Mata pelajaran :
........………………………………….......
4. Kelas / semester :
........…………….………………………..
5. Hari/ tanggal/ jam ke : ........………………….………………...
6. Kompetensi Dasar/ Indikator : ........……………………………………...
..............................................................
7. Jumlah siswa : ………orang, hadir: ………orang, tidak hadir: ……. orang
Catatan : .....................................................................................................
.....................................................................................................
......................................................................................................
.....................................................................................................
....................................................................................................
.....................................................................................................
Hasil Penilaian : x 100
Katagori Penilaian
90 s/d 100 = Sangat Baik Sekali
80 s/d 89 = Baik Sekali
60 s/d 79 = Baik
50 s/d 69 = Cukup
40 s/d 49 = Kurang
< 40 = Kurang Sekali
Guru, Supervisor
.........................................
...................................
NIP ................................. NIP .................................
Lampiran 2.
FORMAT
SUPERVISI PENILAIAN PROSES BELAJAR MENGAJAR
Nama Sekolah :
...................................................................
Nama Guru : ................................................. .........................
Mengajar Kelas :
................................................... ......................
Mata Pelajaran :
......................................................................
Hari/Tanggal
supervisi :
......................................................................
Jam Ke :
.......................................................................
ASPEK YANG DINIALAI DAN CARA PENILAIAN
|
BOBOT
|
NILAI
|
KETERANGAN
|
|||
|
S111
|
S2
|
||||
A. Perangkat Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
a. Memiliki Kalender Pendidikan
|
2
|
20
|
|
|
|
|
b. Menyusun Program Tahunan
|
4
|
|
|
|
||
c. Menyusun Program Semester
|
4
|
|
|
|
||
d. Membuat Silabus
|
4
|
|
|
|
||
e. Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
|
6
|
|
|
|
||
|
|
Jumlah=
|
|
|
|
|
B. KELENGKAPAN SEKENARIO PEMBELAJARAN
|
|
|
|
|
|
|
a. Identitas Lengkap
|
2
|
10
|
|
|
|
|
b. Tercantum/ Memuat SK, KD,Indikator dan Materi
Pokok
|
2
|
|
|
|
||
|
|
|
||||
c. Berisi Pengalaman Bekerja/ Langkah Mengajar,
|
2
|
|||||
|
|
|
||||
Sumber/bahan/
Media Belajar
|
||||||
|
|
|
||||
d. Ada Penilaian yang Terdiri Dari Jenis Tagihan,
|
2
|
|||||
|
|
|
||||
Bentuk,
instrumen, dan Contoh Instrumen
|
||||||
|
|
|
||||
e. Ada Kunci Jawaban dan Uraian Tugas Berikutnya.
|
2
|
|||||
|
|
Jumlah=
|
|
|
|
|
C. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
|
|
|
|
|
|
|
a. Kegiatan Guru Memberikan Motivasi Kepada
|
2
|
10
|
|
|
|
|
Siswa
Tercantum/ Diuraikan pada sekenario/ RPP
|
|
|
|
|||
b. Motifasi Berupa Contoh atau Pertanyaan Untuk i
|
2
|
|
|
|
||
Menggali
Informasi Sesuai Dengan Kopetens
|
|
|
|
|||
c. Dalam Motifasi Dikemukakan Kopetensi Yang
|
2
|
|
|
|
||
Akan Dicapai
Dalam Kegiatan Pembelajaran
|
|
|
|
|||
d. Dalam Memotifasi Ditemukan Life Skill yang Perlu
|
4
|
|
|
|
||
Dimiliki dan
Manfaatnya Dalam Kehidupan.
|
|
|
|
|||
|
|
Jumlah=
|
|
|
|
|
II.Kegiatan Inti
|
|
|
|
|
|
|
A. Dalam Bentuk Klasikal
|
|
|
|
|
|
|
a. Guru Memasuki Kegiatan Ini Berkesinambungan
|
2
|
20
|
|
|
|
|
Dengan
Motifasi yang Telah Disampaikan
|
|
|
|
|||
b. Kegiatan Inti Berpusat Pada Guru
|
2
|
|
|
|
||
c. Kegiatan Inti Melibatkan Siswa Untuk Menemukan
|
5
|
|
|
|
||
Konsep
Membangun/ Mengkkonsruksi Pengetahuan
|
|
|
|
|||
d. Kegiatan Inti Sesuai Dengan SK, KD, Indikator
|
5
|
|
|
|
||
yang ingin
dicapai dan Materi Pelajaran
|
|
|
|
|||
e. Guru Memberikan Tugas Lantujutan Kepada Siswa
|
6
|
|
|
|
||
Sesuaai Dengan SK, KD dan
Indikator
|
|
|
|
|||
|
|
Jumlah=
|
|
|
|
|
B. Dalam Bentuk Diskusi / Kerja Kelompok
|
|
|
|
|
|
|
a. Guru Mengatur Pembagian Kelompok
|
2
|
|
|
|
|
|
b. Kegiatan Diskusi/kerja kelompok Mendapat
|
2
|
|
|
|
||
Respon Positif Dari Siswa
|
|
|
|
|||
c. Anggota Tiap Kelompok Berpartisipasi Aktif Dalam
|
5
|
20
|
|
|
|
|
Diskusi /
Kerja Kelompok
|
|
|
|
|||
d. Kegiatan Diskusi/kerja kelompok Dilanjutkan
|
5
|
|
|
|
||
Dengan
Diskusi Kelas
|
|
|
|
|||
e. Guru Mengunakan Lembar Penilaian Diskusi/Kerja
|
6
|
|
|
|
||
Kelompok
|
|
Jumlah=
|
|
|
|
|
III. Sumber / Bahan / Media
|
|
|
|
|
|
|
a. Sumber/Bahan/Media yang Digunakan Sesuai
|
2
|
10
|
|
|
|
|
Dengan SK,
KD, dan Indikator
|
|
|
|
|
||
b. Bahan/Media yang Disediakan Sesuai Dengan
|
2
|
|
|
|
||
Kebutuhan
Materi Pokok Pembelajaran
|
|
|
|
|
||
c. Menggunakan bahan yang Otentik Dan yang ada
|
2
|
|
|
|
||
di Sekeliling Siswa
|
|
|
|
|
||
d. Bahan Yang Digunakan
Mendorong Siswa Dan
|
4
|
|
|
|
||
Melakukan
Pengamatan/Bertanya/Mengumpulkan
|
|
|
|
|
|
|
Data Menarik
Kesimpulan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah=
|
|
|
|
|
IV. Penilaian
|
|
|
|
|
|
|
a. Penilaian Dilakukan Sesuai Dengan Jenis Tagihan
|
2
|
10
|
|
|
|
|
b. Penilaian Relevan Dengan Kopetensi Dan Indikatornya
|
2
|
|
|
|
||
|
|
|
||||
c. Penilaian Hanya Mengarah Pada Ranah Kognitif
|
2
|
|||||
|
|
|
||||
d. Penilaian
Mengarah Juga Pada RanahAfektif dan Psikomotor
|
4
|
|||||
|
|
Jumlah=
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
V. Penutup
|
|
|
|
|
|
|
A. Dalam Bentuk Klasikal :
|
|
|
|
|
|
|
a. Kegiatan
Pembelajaran Sesuai Dengan Waktu Yang direncanakan
|
2
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
b. Inti/ Kesimpulan
KBM Disimpulkan Oleh Guru
|
2
|
|||||
|
|
|
||||
c. Inti / Kesimpulan KBM Disimpulkan Oleh
Siswa
|
2
|
|||||
|
|
|
||||
d . KBM Dilakukan
Dengan Menggunakan Prinsip PAKEM
|
4
|
|||||
|
|
Jumlah=
|
|
|
|
|
B. Dalam Bentuk Diskusi / Kerja Kelompok
|
|
|
|
|
|
|
a. Setiap Kelompok Menyampaikan
Hasil Diskusi /
|
2
|
10
|
|
|
|
|
Kerja Kelompok Di Depan Kelas
|
|
|
|
|
|
|
b. Hasil Diskusi Kelompok Mendapat
Respon Positif/
|
2
|
|
|
|
|
|
Negatif Dari Kelompok Lain
|
|
|
|
|
|
|
c. Kesimpulan Hasil Diskusi / Kerja Kelompok
|
2
|
|
|
|
|
|
Dilakukan Oleh Guru
|
|
|
|
|
|
|
d. Kesimpulan Hasil Diskusi/ Kerja Kelompok
|
4
|
|
|
|
|
|
dilakukan Oleh Siswa Dengan
Bimbingan Guru
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah=
|
|
|
|
Keterangan:
S1 = semester 1
S2 = semester 2
Hasil Penilaian = .......................... x 100 = ...............
Jumlah Nilai Ideal = 90
Pada II dan V bentuk
klasikal atau diskusi / kerja kelompok,
Gunakan hanya salah satu
saja, kalau klasikal tidak menggunakan
Penilaian diskusi/ kerja
kelompok, begitupun sebaliknya
Katagori Penilaian
90 s/d 100 = Sangat Baik Sekali
80 s/d 89 = Baik Sekali
60 s/d 79 = Baik
50 s/d 69 = Cukup
40 s/d 49 = Kurang
< 40 = Kurang Sekali
Komentar / Saran
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
..........,
......................
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru, Pengawas
Sekolah
........................................
.......................................
.......................................
NIP.................................. NIP ................................. NIP
.................................
Catatan :
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
LAPORAN HASIL SUPERVISI SEKOLAH BINAAN PENGAWAS
Kabupaten/
Kota : …………………..
Bulan/
Semester : ………………….
Tahun
Pembelajaran :………………….
Satua
Pendidikan :
............................
Nama
Pengawas :
..............................
|
|
Aspek dan Sasaran Supervisi
|
Nilai
Rata-rata Kinerja
|
|
|
||||||
Akademik/Manajerial
|
Sasaran
|
Jumlah Sasaran
|
BS
|
B
|
C
|
K
|
KS
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui .....................................,
....2010
Koordinator
Pengawas Pengawas Sekolah Pembina
...................................
........................................
NIP........................... NIP..................
Lembar
Observasi Silabus
Berilah
tanda (V) atau nilai pada kolom yang sesuai dengan penilaian anda dan catatlah
hal-hal yang penting yang berhubungan dengan aspek yang diamati pada kolom
keterangan.
1. Tidak
ada (0-25)
2. Kurang
baik (26-50)
3. Cukup
(51-75)
4. Baik
(76-100)
5. Sangat
baik (101-125)
No
|
Aspek yang diamati
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Keterangan
|
1.
|
Identitas mata pelajaran atau tema pelajaran
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Standar kompetensi
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Kompetensi dasar
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Materi pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Kegiatan pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Indikator
pencapaian kompetensi
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
Penilaian
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
Alokasi
waktu
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
Sumber
belajar
|
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata
|
|
|
|
|
|
|
…………….........,
…………………
Pengawas
……………………………………….
NIP.
Lembar
Observasi RPP
Berilah
tanda (V) atau nilai pada kolom yang sesuai dengan penilaian anda dan catatlah
hal-hal yang penting yang berhubungan dengan aspek yang diamati pada kolom
keterangan.
6. Tidak
ada (0-25)
7. Kurang
baik (26-50)
8. Cukup
(51-75)
9. Baik
(76-100)
10.Sangat
baik (101-125)
No
|
Aspek yang diamati
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Keterangan
|
1.
|
Identitas mata pelajaran
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Standar kompetensi
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Kompetensi Dasar
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Indikator pencapaian kompetensi
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Tujuan Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Materi Ajar
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
Alokasi Waktu
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
Metode Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
Kegiatan
Pembelajaran
Pendahuluan
Inti
Penutup
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Penilaian Hasil
Belajar
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Sumber Belajar
|
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata
|
|
|
|
|
|
|
…………….........,
…………………
Pengawas
……………………………………….
NIP.
Format.
Rekapitulasi hasil supervisi
No
|
Nama
|
Nilai
|
Keterangan
|
|||
Administrasi
|
Penampilan
|
Test
|
Rata-rata
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…………….........,
………………..
Pengawas Sekolah
……………………………………
NIP.
Rentang penilaian:
|
JADWAL
SUPERVISI
Kelas :
…………………..
Semester : …………………..
Tahun
Pembelajaran : ……………
No
|
Hari/Tanggal
|
Nama
Guru
|
Mata Pelajaran
|
Kelas
|
Jam Ke
|
Pelaksana
Supervisi
|
Keterangan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pengawas Sekolah
……………………
NIP.
terima kasih
BalasHapus